Catatan Altina Anindya Arif

Makasih Kupa Kuma

ASIP Baru Lagi

on April 8, 2012

Pagi ini Kupaku mengambil ASIP Bunda untuk kepentinganku. Sudah beberapa kali Kupa setiap hari minggu pagi mengambil ASIP Bunda buatku. Bunda, adik Kupaku, kebetulan memiliki stok ASIP yang berlimpah. Seminggu dia bisa menghasilkan 6 – 10 kantong ASIP selain digunakan untuk menyusu Anye.

Kebetulan beberapa minggu terakhir ini Kumaku ASI-nya sedang kurang produksinya. Dan juga ASIP dari Tante Reni sepupu Kumaku tidak terlalu cocok untukku menurut Yangti dan Kuma. Ketika aku diberikan ASIP dari Tante Reni, maka aku cenderung untuk mencret. Lagipula Bagas, anak Tante Reni sudah berumur setahun lebih. Mungkin komposisi ASIPnya sudah tidak begitu cocok untukku. Bandingkan dengan Anye yang hanya berbeda tiga minggu denganku, tentunya komposisi ASI-nya tidak jauh berbeda dengan kebutuhanku sesungguhnya.

ASIP Bunda juga memiliki efek samping kepada tubuhku. Namun efek samping yang berhasil diperhatikan oleh Kuma dan Yangti hanyalah timbulnya titik-titik merah di pipi kanan dan kiriku. Mungkin itu adalah reaksi alergiku terhadap ASIP Bunda. Menurut Kumaku mungkin Bunda tidak mengetahui alergiku sehingga dia memakan apa saja yang menurutnya Anye tidak alergi terhadap makanan tersebut.

Saat ini Kuma sudah mulai memeras ASI-nya. Dan kadang-kadang saat pemberian ASIP, ASI Kuma dicampur dengan ASI Bunda dan diberikan kepadaku. Hasil campuran ini kadang mengurangi alergi yang timbul di pipiku dan juga menurut Kuma aku tetap mendapatkan ASI Kuma walaupun ditambahkan dengan ASIP Bunda.

Hari ini stok ASIPku sudah kembali banyak. Kupa, minggu depan ambil ASIP lagi ya ke Bunda biar ketika aku ditinggal Kuma kuliah aku tetap bisa minum ASI. Apalagi sekarang minumku makin banyak. Kan udah mau enam bulan beberapa minggu lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *